Surabaya – Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) Menjadi Salah Satu Sponsor di Penyelenggara konser musik bergengsi Sound of Downtown (SOD) di Surabaya Expo Center pada 1-3 Agustus 2025. Kehadiran UM Surabaya di konser ini sebagai upaya untuk memahami cara berkomunikasi generasi muda atau Gen-Z.
SOD sebagai salah satu konser musik terbesar di Surabaya. Ribuan anak muda baik dari Surabaya maupun luar kota memadati konser musik itu dan menjadikan panggung untuk menunjukkan karakter dan keberanian dalam berekspresi.
Upaya ini menjadi langkah dari strategi kampus menunjukkan wajah baru dunia pendidikan tinggi.
“Kami ingin tunjukkan bahwa kampus bukan tempat yang kaku dan membosankan. UM Surabaya adalah kampus anak muda, dinamis, berjejaring luas, dan terus relevan dengan perkembangan zaman,” kata Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama dan Digitalisasi Radius Setiyawan, Minggu (3/8/2025)
Radius mengatakan, kehadiran UM Surabaya tidak hanya memasang logo, tetapi menghadirkan berbagai aktivitas. Mulai dari konten interaktif, informasi seputar beasiswa, profil kampus hingga giveaway tiket eksklusif dan merchandise kampus.
“Langkah ini menegaskan posisi UM Surabaya sebagai kampus urban progresif yang tidak hanya unggul dalam prestasi akademik dan penelitian, tapi juga memahami cara berkomunikasi dengan generasi muda,” jelasnya.
UM Surabaya juga telah menjadi pionir dalam membangun sinergi antara dunia olahraga dan akademik, serta menjadi kampus pilihan atlet nasional, termasuk atlet sepak bola, voli, panjat tebing, karate, renang hingga karate.
Menurut Radius, di tengah persaingan antar perguruan tinggi, UM Surabaya terus tampil berbeda. Yakni membuktikan pendidikan bisa dikemas secara kreatif, relevan, dan penuh kejutan.
“Kami percaya pendidikan harus menyatu dengan kehidupan, seni, olahraga, dan budaya. SOD 2025 adalah ruang di mana energi muda itu berkumpul. Dan kami ingin ada di tengah-tengahnya,” pungkasnya. (and/red)